Home » » MENGENAI DAJJAL DALAM ARTIAN YANG SESUNGGUHNYA

MENGENAI DAJJAL DALAM ARTIAN YANG SESUNGGUHNYA


DANANG ESTUTOMO - Mengenai Dajjal dalam artian yang sesungguhnya. Saya menulis ini karena beberapa waktu lalu ada yang meminta saya untuk menulis hal penting ini demi kebaikan semua. 
       Dajjal dalam bahasa arab berarti (merancukan) atau mendusta. Dajjal lahir di Samirah sebuah negeri dikawasan palestina saat ini. Ia lahir hampir bersamaan dengan Nabi Musa lahir. Dajjal lahir dengan nama Musa Samiri, dimana pada zaman itu ada dua orang populer yg bernama Musa dikalangan Bani israil yaitu Musa bin Imron yang kelak akan menjadi Rasul Allah dan Musa Samiri yang kelak menjadi mesiah palsu.

     Dajjal terlahir dari Keluarga penyembah patung anak sapi. Dajjal lahir dari perkawinan sedarah oleh sebab itu dajjal terlahir cacat dengan sebelah matanya yang buta. Pada masa kecilnya dajjal tidak mau menyusu dan hanya tertidur saja oleh sebab itu terjadi penyakit pada payudara ibunya yang mengakibatkan meninggal dunia. Pada saat itu Negeri Samirah terjadi gempa didasar laut yang mengakibatkan banjir besar didaerahnya.
Atas bencana itu Allah mengutus malaikat Jibril a.s untuk menyelamatkan dajjal yang terapung ditengah-tengah banjir dan dibawa kesebuah gua disuatu pulau tidak berpenghuni. Disitu dajjal diasuh oleh malaikat Jibril a.s.

         Banyak pengetahuan dari samiri(dajjal) selama diasuh oleh Jibril. Pada masa remaja dajjal memiliki cita-cita yang aneh yaitu ingin menjadi tuhan. Karena berkat kemampuan selama diasuh malaikat jibril, ia dapat berpergian dengan cepat dan sangat sehat, karena Allah menjadikan dajjal disetiap umur 100 tahun ia akan menjadi muda lagi. Setelah itu dajjal belajar ilmu sihir di negeri Yaman dan Mesir dan pada akhirnya dajjal dapat melebihi guru-guru sihirnya itu. Dajjal selalu hidup dimasa dimana ada kenabian hidup dan selalu mencoba menyesatkan umat-umat nabi tersebut. Contohnya pada zaman Nabi Musa ia menyesatkan umat Nabi Musa untuk menyembah patuh anak sapi. dan pada zaman Nabi Isa, setelah Nabi isa wafat Dajjal selalu menghasut umat Nabi Isa untuk menghilangkan konsep Tuhan yang Esa dan menggantikannya dengan konsep Trinitas (tiga Tuhan), menghalalkan riba dan Babi, lahirnya konsep penebusan dosa, dan menghilangkan khitanan bagi laki-laki. Dajjal menyebarkan gagasannya ini kepada muridnya Saul (Paulus) yang oleh umat nasrani sekarang dianggap sebagai rasulnya. Hal ini sebenarnya bertolak belakang karena dalam sejarah Paulus merupakan musuh Nabi Isa (jesus). Paulus merupakan keturunan keluarga yahudi penyembah patung anak sapi yang memadukan ajaran pagan yahudi dan yunani kuno. Ajaran paulus inilah yang mendorongnya membangun gereja di jaman Bizantium dan roma dan ini merupakan lahirnya ajaran Khatolikisme.

Pada zaman Rasulullah Muhammad S.A.W, dajjal juga hidup dengan nama samaran Dihyatul kalbi dan hidup berdampingan dengan para sahabat, pernah suatu ketika Umar bin Khotob R.A ingin membunuhnya dan Rasulullah melarangnya sama seperti Nabi terdahulu yang selalu membiarkan dajjal hidup.

Rasulullah bersabda : "walahu himar yarkabuhu ‘ardhu bayna udzunayhi arba’unadziroo”a. artinya: ia memiliki keledai yang ditungganginya . lebar antara dua telinganya 40 hasta. (HR ahmad dalam l musnad, dan hakim dalam al mustadrok.)


Dalam beberapa hadis menjelaskan Ia akan menunggangi keledai putih yang satu langkahnya sama dengan satu mil jaraknya. Keledai tersebut memakan api dan menghembus asap, dapat terbang di atas daratan dan menyeberangi lautan.

Dalam riwayat lain disebutkan: yajrujud dajjalu’ala himar aqmaromaa bayna udzunayhi sab’uunadziroo’a. artinya: dajjal akan keluar dengan mengendarai keledai aqmar. Jarak antara dua telinganya adalah 70 hasta.

Aqmar artinya berwarna sangat putih berbentuk bulat seperti bulan purnama.

Ciri keledai dajjal ini buka ciri keledai biasa melainkan berupa kendaraan buatan yang memiliki sifat dan nama yang sulit dipahami pada zaman nabi Shalallahu ‘alaihi wasalam.
Cirri-ciri seperti itu dapat kita pahami pada zaman kita. Sehingga nubuwat itu hanya sebatas symbol dan diperlukan penafsiran dan penakwilan sesuai dengan realita kita hari ini. Sehingga keledai dajjal tersebut dapat dipahami sebagai sebuah pesawat terbang.

Demikianlah Nabi Shalallahu ‘alaihi wasalam telah menyebutkan sifat kendaraan dajjal dalam berpindah tempat yang disebut keledai dajjal. Menurut persangkaan kami kendaraan tersebut adalah pesawat terbang yang terbang seperti hujan yang dibawa angin. Wallahua’lam.

Dalam suatu hadis yang autentik, Sayyidina `Ali (r) meriwayatkan bahwa Nabi (s) bersabda:
Dajjāl menggunakan sejenis keledai yang khusus, yang mempunyai dua telinga yang besar, masing-masing paling tidak sepanjang 30 hasta, bergerak di angkasa, dengan awan begitu dekat, ia dapat menjangkaunya dengan tangannya dan ia berjalan lebih cepat daripada peredaran matahari menuju tempat terbenamnya. (Disebutkan di dalam Kanz ul-`Ummal dan`Uqd ad-Durrar, Imam al-Maqdisi.)

Nabi (s) bersabda, mengenai keledainya Dajjāl:

يقول الرسول الكريم صلى الله عليه وسلم عن هذا الحمار: يأكل الحجارة ويسبقه جبل من دخان ويركب الناس في جوفه وليس على ظهره
Ia memakan batu karang dan segunung asap mendahuluinya dan orang-orang menaikinya di dalam dirinya, bukan di punggungnya.

Rasulullah S.A.W bersabda :

"Dajjal akan hidup selama 40 hari di dunia, dimana 1 hari yg pertama= 1 tahun, 1 hari yg ke2 = 1 bulan, 1 hari ke3 = 1 minggu dan hari berikutnya seperti hari biasanya"


dalam surat Al-hajj ayat 47 dijelaskan bahwa 1 hari akhirat berarti 1000 tahun di dunia.
disini kita simpulkan bahwa 1 hari=1 tahun=1masa, 1 hari=1 bulan=1 masa dan 1 hari=1 minggu=1 masa

Menurut syekh Imran Hosen :

-masa pertama

Dajjal pertama kali di pulau britania (inggris) seperti riwayat hadist sahih riwayat Bukhori yg membicarakan tamim ad-dari yg bertemu dengan dajjal di sebuah pulau tidak berpenghuni dan pulau itu masih banyak lembah, bukan terkecuali itu adalah inggris karena jaman dulu inggris memang kawasan yg masih berlembah sebelum para bangsa saxon dan norman yang berasal dari eropa barat dan mendirikan kerajaan Inggris.

cerita ini juga bisa dikaitkan dengan satu riwayat malaikat jibril yg menyelamatkan dajjal dari bencana banjir besar di tanah aslinya hollyland (palestina sekarang) dan dibawa ke suatu pulau tidak berpenghuni. Berarti dajjal selama 1000 tahun berada di inggris tak terkecuali karena inggris sudah menggunakan sistem monarki selama waktu kurang lebih 900 tahun untuk menguasai/menjajah bangsa2 pada saat itu. jika dijumlahkan 1000+900= 1900. berarti dajjal berada di inggris sampai tahun 1900 (dajjal disini muncul bukan sebagai perwujudan melainkan sifat/sistem pemerintahannya)

-Masa kedua

pada tahun 1907 amerika resmi terlibat dalam perang dunia, pada masa ini dajjal berada di waktu 1hari=1bulan. 1000:12=83 tahun. 1907+83= tahun 2000. hingga tahun 2000 amerika sangat mendominasi sebagai negara adikuasa. (masa ini dajjal belum sebagai perwujudannya melainkan hanya sistem pemerintahan)

-masa ketiga

sejak saat tahun 2000 israel mulai menjadi negara yg mengontrol dunia (dibalik layar) dengan sekutunya inggris dan Amerika. jika 83:4=20,75 (kita bulatkan menjadi 21) jadi tahun 2000+21= 
tahun 2021 . (pada masa ini dajjal akan menampakan perwujudannya sebagai manusia yg mengaku sebagai Al-masih).

-masa keempat

masa ini adalah masa dimana israel dan dajjal akan hancur oleh Nabi Isa A.s dan imam mahdi dan para panji muslimin lainnya.

Wallahu a'lam Bishawab.

0 comments:

Post a Comment

Facebook  Twitter  Instagram Google+