Home » » PENGEMBANGAN TEKNOLOGI 5G

PENGEMBANGAN TEKNOLOGI 5G



DANANG ESTUTOMO - Pengembangan Teknologi 5G.
5G atau generasi kelima adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi dirilis untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.
Teknologi ini sudah pernah diujicoba oleh Perusahaan Samsung di Korea Selatan. Dalam teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui gelombang radio. Gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televisi dan mobile data.
Penggunaan frekuensi-frekuensi ini diregulaikan oleh International Telecommunication Union (ITU). (ITU) telah merestrukturasi bagian-bagian gelombang radio secara komprehensif untuk mentransmisikan data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada termasuk 4G dan 3G. 
Perusahaan Samsung pernah mengujicoba platform menggunakan 28Ghz waveband dan transmisi data yang dihasilkan adalah 1Gbps. Teknologi ini pertama kali dikembangkan di Korea Selatan karena untuk mempermudah warga dalam mengakses jaringan internet dengan cepat saat dalam perjalanan menggunakan kereta berkecepatan tinggi. Teknologi ini terus dikembangkan hingga targetnya memiliki kecepatan lebih dari 10Gbps.

Korea Selatan memang sudah dikenal sebagai salah satu negara dengan kecepatan internet super cepat. Jika memang nantinya teknologi jaringan internet 5G berhasil diterapkan secara umum, maka diharapkan dapat membantu laju ekonomi nantinya. Proyek 5G diharapkan menyumbang 331 trilion Won pada ekonomi Korea di tahun 2020-2026.
 

0 comments:

Post a Comment

Facebook  Twitter  Instagram Google+